8 Tips Membeli Laptop Gaming Yang Bagus

8 Tips Membeli Laptop Gaming

8 Tips Membeli Laptop Gaming | Dulu, laptop merupakan barang mewah yang harganya cukup tinggi. Namun seiring berjalannya waktu dan berkembangnya teknologi mobile computing, harga laptop kini semakin bersahabat di kantung. Namun sayangnya, bagi para gamer, laptop yang layak pakai untuk bermain game merupakan tipe teratas yang masih terasa mahal mengingat beberapa persyaratan game menuntut spesifikasi hardware cukup berat.

Spesifikasi laptop gaming yang bagus itu seperti apa sih?

Laptop untuk game dengan performa terbaik punya beberapa spesifikasi minimum. Berikut adalah 7 tips yang wajib diperhatikan sebelum membeli laptop gaming yang bagus gan.


1. Tips Memilih Processor
Untuk prosessor lebih rekomen pilih Intel gan untuk gaming tapi AMD juga bagus sekarang, berikut pilihan prosessor:

Processor Intel
- Intel Celeron
- Intel Pentium
- Intel Pentium G
- Intel Core i3
- Intel Core i5
- Intel Core i7

Urutan memilih kode:
Intel Core i3 “DABC” (D disini menunjukan generasi, ABC menunjukan kesangaran)
Contoh :
Intel Core i3 “4130” vs Intel Core i3 “3410”
“4130” (generasi ke 4 kesangaran level 130) vs “3410” (generasi ke 3 kesangaran level 410)
“4130” (lebih dingin lebih hemat) vs “3410 (lebih boros tapi lebih cepat)
Tapi aturan ini tidak pasti gan, karena kadang Core generasi baru bisa jadi uda sangar dari sononya contohnya dari AMD Kaveri dan Intel Haswell.


Tips Tambahan yang penting memilih Prosessor Intel :
Processor Intel Untuk laptop ada dua, versi M "mobile" sama U "ulv"
Kalo untuk ngetik pilih yang U karena hemat sehemat-hemat daya kalo M bisa dipake buat gaming karena versi TDP yang dikecilkan dari processor Desktop dengan arsitektur yang lebih padad


Processor AMD
Untuk prosessor terbaik dari AMD itu adalah A8, A10 dan FX series gan


2. GPU/iGPU/VGA
Memilih kartu grafis juga harus hati-hati. Karena, jika kartu grafis buruk, maka laptop Anda tidak akan dapat menjalankan game dengan maksimal. Kartu grafis favorite seperti NVIDIA dan AMD sudah cukup bagus, walaupun penamaan seri-nya banyak membingungkan konsumen. Harga kartu grafis ini lumayan murah dan kinerjanya juga baik.

VGA NVIDA
Paling baru adalah Nvidia GTX 980

VGA AMD 
Paling baru adalah AMD Radeon R9 280X


3. RAM (random access memory)
Pilih laptop gaming dengan RAM sebesar-besarnya yang Anda mampu. Gaming laptop dengan RAM 8GB sudah memadai untuk saat ini. Jika terpaksa setidaknya gunakan RAM 4GB, dan Anda dapat meng-upgrade-nya nanti bilamana diperlukan. Jika RAM kurang dari 4GB lebih baik jangan beli dulu.


4. Hard drive
Pilih laptop gaming dengan kapasitas hard drive yang besar. Kenapa ? Pertama, karena kita tidak dapat meletakkan hard drive tambahan pada sebuah laptop. Kedua, karena sebuah game selalu menelan space dalam porsi besar. Daripada kelak harus membeli hard disk eksternal akibat kekurangan space, lebih baik gunakan internal hard disk yang besar sekalian.

Tips tambahan
Untuk laptop gaming carilah HDD yang Rpm 7200 atau lebih kalo agan budget gede lebih baik cari hardrive yang pake SSD


5. Perhatikan ukuran dan resolusi layar
Ukuran dan resolusi layar sering berhubungan erat, dan ini amat penting untuk sebuah game. Semakin tinggi resolusi layar, semakin berat tuntutan sebuah game akan chip grafis yang baik.

Jadi jika laptop Anda hanya dilengkapi chip grafis yang pas-pasan, maka layar dengan resolusi terlalu tinggi akan menyebabkan game berjalan dengan setting minimum dan agak lambat.

Ukuran layar sendiri juga penting, mengingat bermain di layar yang berukuran terlalu kecil jelas akan mengganggu keasyikan bermain game itu sendiri. Kami sarankan, minimal Anda memilih laptop dengan layar berukuran 14 inci atau 15 inci jika sering bepergian membawanya, atau dengan layar berukuran 17 inci, jika bermaksud menggunakannya sebagai pengganti desktop dan Anda tidak sering membawa-bawanya.


6. Daya tahan baterai
Gaming laptop membutuhkan daya yang besar untuk menjalankan game pada resolusi tinggi dan setting-an maksimal. Itulah kenapa baterai laptop gaming cepat terkuras habis. Jika digunakan main game, baterai laptop mampu bertahan sekitar 2 jam. Pada penggunaan biasa (bukan gaming) baterai bisa bertahan 3 sampai 6 jam.

7. Kualitas audio
Laptop gaming biasanya memiliki audio / speaker yang kualitasnya lebih bagus dan lebih impresif dibandingkan speaker pada laptop biasa. Beberapa diantaranya bahkan dilengkapi dengan tweeter dan subwoofer. Namun untuk kenyamanan dan pengalaman nge-game yang lebih baik, menggunakan head set jauh lebih diutamakan.


8. Harga laptop gaming
Laptop gaming bagus harganya tentu tidak murah. Karena itu periksalah spesifikasi laptop gaming yang Anda idamkan dengan secermat mungkin. Produsen kadang-kadang memproduksi laptop dalam beberapa konfigurasi / varian. Jadi pastikan Anda mendapatkan notebook gaming sesuai harga yang Anda bayarkan.


Rekomen dari ane laptop gaming terbaru : 

Asus ROG GL552JX, G550JX, G501JW, G751JY
Alienware 13, 15, 17
Lenovo Y40, Y50


Kunjungi juga lapak di kaskus : Klik Disini!!


Itulah 10 Tips Membeli Laptop Gaming Yang Bagus

5 24

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2015. Gamer Jakarta Allright reserved.